1. Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar
a. Pengertian Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, yang memfokuskan pengembangan aspek kebugaran jasmani, ketrampilan gerak, ketrampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui aktivitas jasmani. Di dalam intensifikasi penyelenggaraan pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, peranan pendidikan jasmani sangat penting yakni memberikan kesempatan pada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina sekaligus membentuk gaya hidup sehat dan aktif sepanjang hayat.
Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan ketrampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-spiritual-sosial) serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang. Dengan pendidikan jasmani siswa akan memperoleh berbagai ungkapan yang erat kaitannya dengan kesan pribadi yang menyenangkan serta berbagai ungkapan yang kreatif, inovatif, terampil dan memiliki kebugaran jasmani dan kebiasana hidup sehat serta memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap gerak manusia. Berkaitan dengan pendidikan jasmani Aip Syarifuddin dan Muhadi (1991/1992:4) menyatakan, "pendidikan jasmani adalah suatu proses aktivitas jasmani yang dirancang dan disusun secara sistematik untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, kecerdasan dan pembentukan watak, serta nilai dan sikap yang positif bagi setiap warga negara dalam rangka mencapai tujuan pendidikan".
Pendapat tersebut menunjukkan bahwa, pendidikan jasmani merupakan suatu pendidikan yang didalamnya mencakup pengembangan individu secara menyeluruh. Cakupan pendidikan jasmani tidak hanya pada aspek jasmani saja, tetapi juga aspek mental, emosional dan spiritual. Menurut Adang Suherman (1999/2000:23) bahwa, secara umum tujuan pendidikan jasmani dapat diklasifikasikan empat kategori yaitu :
1) Perkembangan fisik. Tujuan ini berhubungan dengan kemampuan melakukan aktivitas-aktivitas yang melibatkan kekuatan-kekuatan fisik dari berbagai organ tubuh seseorang (physicalfitness).
2) Perkembangan gerak. Tujuan ini berhubungan dengan kemampuan melakukan gerak secara efektif, efisien, halus, indah, sempurna (skillful).
3) Perkembangan mental. Tujuan ini berhubungan dengan kemampuan berpikir dan menginterpretasikan keseluruhan pengetahuan tentang pendidikan jasmani ke dalam lingkungannya sehingga memungkinkan tumbuh dan berkembangnya, sikap dan tanggung jawab siswa.
4) Perkembangan sosial. Tujuan ini berhubungan dengan kemampuan siswa dalam menyesuaikan diri pada kelompok atau masyarakat.
b. Hakikat Belajar Pendidikan Jasmani
Pendidikan jasmani merupakan salah satu alat yang sangat penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan manusia, karena pendidikan jasmani sangat erat kaitannya dengan gerak manusia. Gerak bagi manusia sebagai aktivitas jasmani merupakan salah satu kebutuhan hidup yang sangat penting, yaitu sebagai dasar bagi manusia untuk belajar, baik belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan dan ketrampilan, nilai dan sikap, maupun belajar untuk mengenal diri sendiri sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam usaha penyesuaian dan mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya. Seperti dikemukakan Sukintaka (2004:36) bahwa, "Pendidikan jasmani adalah pendidikan melalui gerak manusia. Akibat dari hal tersebut, maka pembelajaran pendidikan jasmani harus mampu mengembangkan seluruh aspek pribadi manusia dan harus berpegang teguh kepada norma-norma pendidikan".
Wujud dari pelaksanaan pengajaran pendidikan Jasmani di sekolah berpangkal pada gerak siswa, yang menampakkan dirinya ke luar terutama dalam bentuk-bentuk aktivitas jasmaninya. Namun bukanlah semata-mata hanya berfungsi untuk merangsang dan mengembangkan organ-organ tubuh serta fungsinya saja, melainkan juga demi pembentukan dan pengembangan kepribadian yang utuh dan harmonis di dalam kehidupannya yaitu dalam rangka membentuk manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri dan secara bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan Menurut Toho Cholik M dan Rusli Lutan (2001: 25 ) bahwa Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang melibatkan interaksi antara peserta (anak) didik dengan lingkungan yang dikelola melalui aktivitas jasmani secara sitematik menuju pembentukan manusia seutuhnya. Jadi program pendidikan jasmani yang ada dalam pendidikan dilaksanakan sebagaimana mestinya diarahkan, dibimbing dan dikembangkan secara wajar merupakan bagian yang sangat penting bagi kehidupan siswa dan sangat bermanfaat dalam pendidikan.
c. Tujuan Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Pendidikan jasmani merupakan jenis pendidikan yang mengutamakan aktivitas gerak sebagai media pendidikan. Berdasarkan kurikulum pendidikan jasmani bahwa, tujuan pendidikan jasmani dari masing-masing jenjang pendidikan berbeda-beda. Menurut M. Furqon H (2007: 3-4), bahwa pendidikan jasmani sekolah dasar bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
1) Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya mengembangkan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga terpilih.
2) Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3) Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan gerak dasar.
4) Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan.
5) Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama,
percaya diri dan demokratis.
6) Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7) Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih
sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola
hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Pendapat tersebut menunjukkan bahwa, pendidikan jasmani di sekolah dasar bertujuan untuk mengembangkan kebugaran jasmani, pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, meningkatkan ketrampilan gerak, membentuk karakter moral yang baik, menumbuhkan sikap sportif mengembangkan keterampilan menjaga keselamatan dan pencapaian pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup yang sehat dan kebugaran serta memiliki sikap yang sportif.
d. Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani untuk Sekolah Dasar
Ruang lingkup pendidikan jasmani untuk sekolah dasar mencakup banyak aspek. Menurut M. Furqon H (2007:4) bahwa ruang lingkup pendidikan jasmani dan kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1) Permainan dan olahraga meliputi olahraga tradisional, permainan, eksplorasi gerak, ketrampilan lokomotor non lokomotor dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepakbola, bola basket, bolavoli, tennis meja, tennis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri serta aktivitas lainnya.
2) Aktivitas pengembangan diri meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya.
3) Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4) Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya.
5) Aktivitas ritmik meliputi: permainan di air, keselamatan air, ketrampilan gerak di air, dan renang serta aktivitas lainnya.
6) Pendidikan luar kelas meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan. Pendapat tersebut menunjukkan bahwa ruang lingkup pendidikan jasmani untuk sekolah dasar meliputi enam aspek yaitu: olahraga permainan, pengembangan diri, aktivitas senam, aktivitas ritmik, aktivitas air dan pendidikan luar kelas. Dari masing-masing aspek tersebut di dalamnya terdiri beberapa macam cabang olahraga yang telah diatur berdasarkan kurikulum yang berlaku. Melalui kegiatan olahraga tersebut diharapkan siswa akan tumbuh dan berkembang secara menyeluruh baik fisik maupun psikologis.
2. Kurikulum Pengajaran di SD
a. Kurikulum Sekolah Dasar
Ada tiga variabel utama yang saling berkaitan dalam strategi pelaksanaan pendidikan di sekolah. Ketiga variabel tersebut adalah kurikulum, guru dan pengajaran. Nana Sudjana (2005:1) menggambarkan keterkaitan ketiga variabel tersebut sebagai berikut:
Gambar 4. Skema Keterkaitan Komponen-Komponen di Sekolah (Nana Sudj ana, 2005:1)
Skema tersebut menunjukkan bahwa, guru menempati kedudukan sentral dalam pendidikan, karena guru peranannya sangat menentukan. Guru harus mampu menterjemahkan dan menjabarkan nilai-nilai yang terdapat dalam kurikulum, kemudian mentransformasikan nilai-nilai tersebut kepada siswa melalui proses pengajaran di sekolah. Kurikulum yang ada di SD sekarang yaitu KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Kurikulum dalam pendidikan jasmani di SD adalah sebagai berikut untuk kelas I yaitu
1. Mempraktikan gerak dasar dalam permainan sederhana
2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
3. Mempraktikan senam lantai tanpa alat
4. Mengungkapkan perasaan melalui gerak berirama
5. Menerapkan budaya hidup sehat
6. Mempraktikan gerak dasar kedalam aktivitas jasmani
7. Membiasakan penampilan sikap tubuh dalam berbagai posisi
8. Mempraktikan gerakkan senam lantai sederhana
9. Menampilkan prasaan melalui musik.
10. Memprakikan dasar-dasar pengenalan air
11. Mempraktikan pengenalan lingkungan sekolah
12. Menerapkan budaya hidup sehat.
Kelas II yaitu
1. Mempraktikan variasi gerak dasar melalui permainan
2. Mempraktikan latihan dasar kebugaran jasmani
3. Mempraktikan senam ketangkasan dasar
4. Mempraktikan keterampilan dasar ritmik diorienasikan dengan arah dan ruang
5. Menerapkan budaya hidup sehat
Kelas III Yaitu
1. Mempraktikan kombinasi gerak dasar melalui permainan
2. Praktik aktivitas jasmani
3. Praktik senam lantai
4. Praktik gerak dasar aktivitas ritmik
5. Menerapkan budaya hidup sehat
6. Praktik gerak dasar permainan
7. Latihan dasar kebugaran
8. Praktik senam ketangkasan dasar
9. Prakik gerak dasar renang gaya dada
10. Praktik pemanfaaan lingkungan sekitar sekolah
11. Menerapkan budaya hidup sehat Kelas IV Yaitu 1.mempraktikan gerak dasar