SKRIPSI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Saturday, January 09, 2016
(0010-ADM-NEGARA) SKRIPSI PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI


BAB II 
METODE PENELITIAN

II. 1. Bentuk Penelitian
Adapun bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian regresi linear dengan melakukan pendekatan kuantitatif dan menggunakan rumus statistik untuk membantu menganalisa data dan fakta yang diperoleh. Meskipun secara keseluruhan bentuk penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mempergunakan teknik statistik di dalam menganalisa permasalahan penelitian, Penulis juga menggunakan teknik wawancara yang bersifat sebagai penegasan terhadap hasil kuesioner yang diedarkan dengan demikian, secara tidak langsung bentuk penelitian ini juga membutuhkan penguatan- penguatan hasil wawancara di samping penggunaan data dan informasi secara kuantitatif.

11.2. Lokasi Penelitian
Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Medan, Jalan Iskandar Muda No. 270, Medan.

11.3. Populasi dan Sampel
III.3.1 Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan nya (Sugiyono, 2005:90). Berdasarkan penjelasan diatas, maka yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
pegawai di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan yang berjumlah 128 orang..

II.3.2 Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Untuk itu sampel yang diambil dari populasi harap betul-betul representative (Sugiyono, 2005:91). Untuk menentukan jumlah sampel penulis menggunakan teknik penarikan sampel berdasarkan jumlah populasi. Hal ini dikarenakan jumlah populasi yang lebih dari 100 orang.
Menurut Arikunto, bila populasi kurang dari 100 orang maka diambil keseluruhannya sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika populasi lebih dari 100 orang maka dapar diambil 10-15 persen atau 20-25 persen sampel atau lebih.
n = 20% x N keterangan : n = Jumlah sampel yang akan dicari
N = Jumlah populasi
Maka,
n = 20% x N
n = 20% x 128
n = 25,6 (dibulatkan)
n = 26
Jadi, sampel yang diambil adalah 26 orang, dalam hal ini yang akan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pegawai di Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan.

II.4. Teknik Pengumpulan Data
Dalam peneliti ini penulis menggunakan dua macam data menurut klasifikasi jenis dan sumbernya, yaitu:
1. Teknik pengumpulan data primer Teknik pengumpulan data primer tersebut dilakukan dengan instrument
sebagai berikut:
a. Metode Angket/ Kuesioner digunakan sebagai alat pendamping dalam mengumpulkan data. Daftar dibuat pertanyaan semi terbuka yang member pilihan jawaban pada responden dan memberikan penjelasan-penjelasan yang diperlukan oleh penulis
2. Teknik pengumpulan data sekunder :
a. Penelitian kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi melalui literature yang relevan dengan judul penelitian seperti buku-buku, artikel dan makalah yang memiliki relevansi dengan
masalah yang diteliti.
b. Studi dokumentasi yaitu dengan cara memperoleh data melalui pengkajian dan penelaahan terhadap catatan penulis maupun dokumen-dokumen yang berkaitan dengan masalah-masalah yang diteliti.

II.5. Teknik Penentuan Skor
Untuk membantu dalam menganalisa data yang diperoleh dalam penelitian, maka penelitian ini menggunakan teknik penentuan skor. Teknik penentuan skor yang digunakan adalah dengan skala ordinal untuk menilai jawaban kuesioner responden. Adapun skor yang ditentukan untuk setiap pertanyaan adalah :
a. Untuk alternative jawaban A diberi skor 5
b. Untuk alternative jawaban B diberi skor 4
c. Untuk alternative jawaban C diberi skor 3
d. Untuk alternative jawaban D diberi skor 2
e. Untuk alternative jawaban E diberi skor 1
Untuk mengetahui atau menentukan kategori jawaban responden dari masing-masing variable apakah tergolong tinggi, sedang atau rendah maka terlebih dahulu ditentukan skala interval dengan cara sebagai berikut:
skor tertinggi — skor terendah banyaknya bilangan
Maka diperoleh n = — = 0,80
Sehingga dengan demikian dapat diketahui kategori jawaban responden masing-masing variable yaitu :
a. Skor untuk kategori sangat tinggi = 4,21 - 5,00
b. Skor untuk kategori tinggi =3,41-4,20
c. Skor untuk kategori sedang = 2,61 - 3,40
d. Skor untuk kategori rendah = 1,81 - 2,60
e. Skor untuk kategori sangat rendah = 1,00 - 1,80
Untuk menentukan jawaban responden tersebut tergolong sangat tinggi, sedang, rendah, sangat rendah maka dari jumlah skor dari variable akan ditentukan rata-rata nya dengan membagi jumlah pertanyaan. Dari hasil pembagian tersebut, maka akan dapat diketahui jawaban responden termasuk ke dalam kategori yang mana.

11.6. Teknik analisa Data
1. Regresi Linear Sederhana
Data yang diperoleh dari suatu penelitian harus dianalisis terlebih dahulu secara benar agar dapat ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode analisis regresi linear sederhana dengan bantuan Microsoft Excel yang merupakan salah satu paket program komputer yang digunakan dalam mengolah data statistik.
Regresi Linier Sederhana didasarkan pada hubungan fungsional atau kausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen.
Menurut Sugiyono (2010:270) "Regresi sederhana didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal satu variabel independen dengan satu variabel dependen". Persamaan Regresi Linier Sederhana :
Y =a + bX
Y= Subjek dalam variable dependen yang diprediksikan a = Harga Y bila X = 0 (harga konstan)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »