SKRIPSI PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM RANGKA OTONOMI DAERAH

Friday, January 08, 2016
(0009-ADM-NEGARA) SKRIPSI PELAKSANAAN TUGAS DAN FUNGSI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM RANGKA OTONOMI DAERAH


BAB II 
METODE PENELITIAN

2.1. BENTUK PENELITIAN
Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan, meringkaskan berbagai situasi atau variabel yang ada pada objek penelitian meliputi gambaran tentang kondisi, situasi atau variabel yang ada di dalam penelitian ini. Oleh sebab itu, penulis akan berusaha menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, situasi yang timbul pada objek sehingga dapat diperoleh sebuah kesimpulan jelas mengenai penelitian yang dimaksud.

2.2. LOKASI PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupanten Kampar Provinsi Riau, yang beralamat di Jalan Mayjen. D.I. Panjaitan, No. 16, Bangkinang, Kabupaten Kampar.

2.3. POPULASI DAN SAMPEL
2.3.1. Populasi
Sugiyono (2005:90) memberikan pengertian bahwa : "Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri dari obyek atau subjek yang menjadi kuantitas dan karakteristik tertentu. Maka yang menjadi Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai dinas DIKPORA Kabupaten Kampar yang berjumlah 117 orang.
2.3.2. Sampel
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2005:91).
Sedangkan Menurut Arikunto (2004:109) sampel ialah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Apabila jumlah populasi kurang dari 100 maka diambil dari seluruhnya untuk dijadikan sample. Selanjutnya jika populasi lebih dari 100, maka diambil diantara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih.
Berdasarkan jumlah populasi yang diambil, maka untuk menentukan jumlah sampel yang representatif penulis menggunakan teknik penarikan sampel berdasarkan Rumus Taro Yamane dalam DRS. Jalaluddin Rakhmat, M.SC. yakni sebagai berikut:
N
n= Nd2+1 Keterangan:
N: Populasi
n : Sampel
d : Tingkat kesalahan penarikan sampel: 10% dan tingkat kepercayaan 90% Selanjutnya dengan mensubstitusikanjumlah populasi dan presisi kedalam rumus diatas, maka diperoleh hasil sebagai berikut:
117 n =
10
117 ( )2+l
100
117
n =
117(0,1 f+ 1
117 n =
117(0,01)+!
117
n =
1,17 + 1
n= 117
2,17
n= 53,91 jiwa
Maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini dibulatkan menjadi 54 jiwa. Berikut klasifikasi responden yang diambil sebagai sampel:
a. Kepala Dinas : Berjumlah 1 Orang
b. Kabag. TU : Berjumlah 1 Orang
c. Sub. Bag : Berjumlah 3 Orang
d. Ka. Sub. Din : Berjumlah 4 Orang
e. Jabatan fungsional : Berjumlah 13 Orang
f. Staff : Berjumlah 32 Orang
Penentuan sampel di dalam penelitian ini, penulis gunakan metode Sampling Purposive yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. (Sugiyono, 2005:96).maka sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang dan dari 54 orang sampel tersebut juga merupakan key informan sebanyak 2 orang.

2.4. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Teknik pengumpulan data primer yaitu : mengadakan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan data yang lengkap dan sesuai dengan masalah yang diteliti melalui metode wawancara dan penyebaran kuesioner, artinya melakukan Tanya jawab kepada orang-orang yang dianggap mengetahui dan menguasai permasalahan yang diteliti secara mendalam.
2. Teknik pengumpulan data sekunder yaitu : pengumpulan data dan informasi yang diperoleh melalui studi kepustakaan, dokumentasi dan referensi ilmiah lainnya yang menyangkut masalah yang diteliti dan berhubungan dengan instansi terkait.

2.5. TEKNIK ANALISA DATA
Teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau melukiskan secara sistematis data, fakta, karakteristik populasi dengan cermat dan nyata. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan data, menyusun, merangkum dan mengklasifikasi dalam bentuk tabel tunggal, menganalisa dan menginterpretasikan ke dalam hal yang sebenarnya sehingga dapat menghasilkan gambaran yang jelas, terarah dan menyeluruh dari masalah yang menjadi objek penelitian.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »