skripsi ekonomi | kode EKON0015

Tuesday, June 02, 2009
Kode : EKON0015

Judul : skripsi ekonomi kode EKON0015
peranan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi pada PT. X Financial

Daftar Isi :

HALAMAN JUDUL; HALAMAN PENGESAHAN; HALAMAN BERITA ACARA; HALAMAN PERSEMBAHAN; MOTTO; KATA PENGANTAR; DAFTAR ISI; DAFTAR TABEL; DAFTAR GAMBAR; DAFTAR LAMPIRAN; BAB I : PENDAHULUAN; A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL; B. PERUMUSAN MASALAH; C. HIPOTESIS; D. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN; E. METODOLOGI PENELITIAN; 1. Data yang Diperlukan; 2. Metode Penelitian; 3. Tehnik Pengumpulan Data; 4. Metode Analisis; F. SISTEMATIKA PEMBAHASAN; BAB II : URAIAN TEORITIS; A. PENGERTIAN PASAR; B. MANAJEMEN PEMASARAN; C. PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN; 1. Segmentasi Pasar; 2. Market Positioning; 3. Market Entry Strategy; 4. Marketing Mix Strategy; 5. Timing Strategy; D. STRATEGI BERSAING; E. MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN); F. PENGERTIAN ASURANSI; BAB III : GAMBARAN UMUM PT. X FINANCIAL CABANG X; A. SEJARAH RINGKAS PERUSAHAAN; B. STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN TUGAS; C. PERKEMBANGAN TARGET DAN REALISASI PENJUALAN; D. STRATEGI BAURAN PEMASARAN; E. KEBIJAKSANAAN HARGA; F. KEBIJAKSANAAN PROMOSI; G. KEBIJAKSANAAN SALURAN DISTRIBUSI; H. PERSAINGAN YANG DIHADAPI; BAB IV : ANALISIS DAN EVALUASI; 1. Perkembangan Target dan Realisasi Penjualan; 2. Strategi Pemasaran; 3. Kebijaksanaan Produk; 4. Kebijaksanaan Harga; DAFTAR PUSTAKA; LAMPIRAN-LAMPIRAN.


Sekilas Isi :
Kebutuhan akan jasa asuransi kini makin dirasakan, baik oleh perorangan maupun dunia usaha di Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian, atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula dunia usaha dalam menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang mungkin dapat mengganggu kesinambungan usahanya.
Dengan mulai membaiknya iklim dan minat masyarakat dalam bidang asuransi mengakibatkan tingkat persaingan di dunia asuransi menjadi semakin ketat. Strategi pemasaran merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar. Pada dasarnya strategi pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari kecocokan ini merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan untuk dapat tetap bersaing dan survive (kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari sebuah perusahaan ialah pencapaian profit (laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan penting. Efisiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan biaya baik itu dalam operasional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang ditetapkan dapat tercapai.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »