skripsi ekonomi | kode EKON0008

Tuesday, June 02, 2009
Kode : EKON0008

Judul : skripsi ekonomi kode EKON0008
analisis peramalan dan pengendalian persediaan bahan baku pada CV. X Garment.

Daftar Isi :

HALAMAN JUDUL; HALAMAN PENGESAHAN; ABSTRAK; KATA PENGANTAR; DAFTAR ISI; DAFTAR TABEL; DAFTAR GAMBAR; BAB I : PENDAHULUAN; 1.1 Latar Belakang Masalah; 1.2 Rumusan Masalah; 1.3 Batasan Masalah; 1.4 Tujuan Penulisan; 1.5 Metodologi Penelitian; 1.6 Sistematika Pembahasan; BAB II : LANDASAN TEORI; 2.1 Pengertian Persediaan; 2.2 Jenis-jenis Persediaan; 2.3 Fungsi Persediaan; 2.4 Macam-macam Biaya Dalam Persediaan; 2.5 Pengertian Pengendalian Persediaan; 2.6 Tujuan Pengendalian Persediaan; 2.7 Pengertian Proses Produksi; 2.8 Kekurangan dan Kebaikan Jenis Produksi; 2.9 Peramalan; 2.10 Macam-macam Peramalan; 2.11 Metode EOQ; 2.12 Reorder point; BAB III : TINJAUAN UMUM CV. X GARMENT; 3.1 Sejarah Berdirinya CV. X GARMENT; 3.2 Struktur Organisasi; 3.3 Pengelolaan Perusahaan; 3.3.1 Jumlah Karyawan; 3.3.2 Tujuan dan Wewenang Anggota Organisasi; 3.4 Bidang Usaha dan Pemasaran; 3.5 Rencana Pengembangan; BAB IV : PEMBAHASAN; 4.1 Kebijakan Persediaan Bahan Baku CV. X Garment; 4.2 Pengaruh Pengendalian Persediaan Terhadap Proses Produksi; 4.3 Pengujian Hipotesis; 4.4 Penentuan Pemesanan Kain Jeans Dengan Metode EOQ; 4.5 Perhitungan ROP; BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN; 5.1 Kesimpulan; 5.2 Saran; DAFTAR PUSTAKA; LAMPIRAN.

Abstrak :
Dalam operasinya perusahaan membutuhkan bahan baku untuk proses produksinya . Untuk itu perusahaan harus mengadakan persediaan bahan baku yang mana perusahaan harus terlebih dahulu melakukan peramalan produksi. Dalam pengadaan persediaan bahan baku perusahaan akan berusaha memperkecil segala hal yang berhubungan dengan biaya agar pengeluaran perusahaan dapat ditekan sekecil mungkin dalam mencapai hasil operasi perusahaan yang optimal.
Analisa yang dilakukan pada CV. X Garment adalah untuk mengetahui apakah pembelian bahan baku kain jeans yang dilakukan sudah ekonomis atau belum. Metode yang digunakan adalah metode EOQ. Dimana analisis EOQ membahas keterkaitan antara kebutuhan bahan baku, harga, biaya pesan dan biaya simpan. Dari analisis ini, dapat dilihat bahwa jumlah pembelian bahan baku yang dilakukan oleh perusahaan kurang ekonomis yaitu 16 kali pemesanan, sedangkan pembelian bahan baku dengan metode EOQ adalah sebanyak 12 kali, ini berarti dengan metode EOQ lebih ekonomis sehingga akan menghemat pengeluaran biaya persediaan dan dapat mencegah resiko kekurangan bahan baku.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »