skripsi ekonomi | kode EKON0009

Tuesday, June 02, 2009
Kode : EKON0009

Judul : skripsi ekonomi kode EKON0009
faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah uang kuasi di Indonesia

Daftar Isi :

HALAMAN JUDUL; HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI; HALAMAN PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI; HALAMAN PERSEMBAHAN; ABSTRAK; KATA PENGANTAR; DAFTAR ISI; DAFTAR TABEL; DAFTAR GAMBAR; DAFTAR LAMPIRAN; BAB I : PENDAHULUAN; A. Latar Belakang Masalah; B. Identifikasi Masalah; C. Pembatasan Masalah; D. Perumusan Masalah; E. Tujuan Penulisan; F. Manfaat Penelitian; BAB II : KAJIAN TEORI, KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS; A. Kajian Teori; 1. Konsep dan Teori Uang Kuasi; 2. Konsep Pendapatan Nasional; 3. Konsep Nilai Tukar (Kurs); 4. Konsep dan Teori Tingkat Suku Bunga; 5. Temuan Penelitian Sejenis; B. Kerangka Konseptual; C. Hipotesis; BAB III : METODE PENELITIAN; A. Jenis Penelitian; B. Tempat dan Waktu Penelitian; C. Jenis dan Sumber Data; D. Teknik Pengumpulan Data; E. Definisi Operasional; F. Teknik Analisis Data; BAB IV : TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN; A. Temuan Penelitian; 1. Gambaran Umum Wilayah Penelitian; 2. Deskriptif Variabel Penelitian; 3. Analisis Induktif; A. Uji Asumsi Klasik; a. Uji Autokorelasi; b. Uji Multikolinearitas; c. Uji Normalitas; d. Uji Heterokedastisitas; B. Hasil Estimasi Regresi Berganda; C. Pengujian Hipotesis; B. Pembahasan; BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN; A. Kesimpulan; B. Saran; DAFTAR PUSTAKA.


Sekilas Isi :
Salah satu studi yang masih menimbulkan kontroversi hingga saat ini, khususnya dibidang moneter, adalah tentang permintaan uang. Kontroversi tersebut berawal dari dua kutub utama dalam permintaan uang, yaitu madzhab Keynes dan madzhab Monetaris. Kunci utama pemikiran Keynes terletak pada suku bunga sedangkan madzhab Monetaris mengacu pada stok uang. Perdebatan kedua madzhab tersebut tidak terbatas pada perdebatan teoritis, namun juga merambat pada perdebatan empiris.
Dengan makin berkembangnya teknologi, aktifitas ekonomi, perbankan dan lembaga keuangan menjadi semakin maju. Derajat kepekaan (responsiveness) variabel–variabel moneter, khususnya suku bunga domestik, menjadi semakin tinggi terhadap perubahan variabel moneter internasional. Fakta tersebut menunjukkan bahwa pembatas antara ekonomi domestik dengan ekonomi internasional menjadi semakin luntur. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, membuat para pelaku ekonomi menjadi semakin cerdas dalam mengurai informasi ekonomi yang diterimanya.
Masih terkait dengan kemajuan teknologi, perkembangan analisis pun juga terbawa dalam proses kemajuan. Analisis yang berkembang saat ini bukan hanya sekedar menyajikan hubungan dalam jangka panjang yang bersifat statis, namun juga telah mampu menganalisis kondisi jangka pendek dengan menampilkan berbagai metode analisis.
Teori permintaan uang merupakan bagian dari pilihan alokasi sumber daya yang langka. Seluruh anggota masyarakat hanya memiliki sumber daya terbatas yang tersedia pada mereka dalam bentuk pendapatan sekarang dan aktiva total yang terkumpul. Oleh karena itu mereka harus membuat pilihan yang menyangkut alokasi mereka.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »