Judul : skripsi ekonomi kode EKON0007
atribut-atribut swalayan yang mempengaruhi konsumen dalam memilih PT. X Swalayan
Daftar Isi :
BAB I : PENDAHULUAN; 1.1. Latar Belakang; 1.2. Pembatasan Masalah; 1.3. Perumusan Masalah; 1.4. Tujuan dan Kegunaan Penelitian; 1.5. Metodologi Penelitian; 1.5.1. Rancangan Penelitian; 1.5.2. Variabel dan Pengukuran; 1.5.3. Definisi Operasional Variabel; 1.5.4. Teknik Pengumpulan Data; 1.5.5. Metode Analisis Data; BAB II : TELAAH PUSTAKA; 2.1. Kerangka Teori; 2.1.1. Usaha Eceran; 2.1.2. Supermarket; 2.1.3. Motif Pembelian; 2.1.4. Proses Pemilihan Swalayan; 2.2. Kerangka Pemikiran; BAB III : METODOLOGI PENELITIAN; 3.1. Rancangan Penelitian; 3.2. Variabel dan Pengukuran; 3.3. Definisi Operasional Variabel; 3.4. Teknik Pengumpulan Data; 3.5. Metode Analisis Data; BAB IV : ANALISIS DAN PEMBAHASAN; 4.1 Gambaran Umum Perusahaan; 4.1.1 Sejarah Perusahaan; 4.1.2 Produk yang Dipasarkan; 4.1.3 Visi dan Misi; 4.1.4 Fungsi Sosial dan Ekonomi; 4.1.5 Kegiatan Usaha Perusahaan; 4.1.6 Struktur Organisasi; BAB V : PENUTUP; 5.1 Kesimpulan; 5.2 Saran; DAFTAR PUSTAKA.
Sekilas Isi :
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan berkembang pesat khususnya di kota-kota besar, telah terjadi perubahan di berbagai sektor, termasuk di bidang industri dan produksi serta pada kegiatan eceran di Indonesia yang telah berkembang menjadi usaha yang berskala besar. Perkembangan bisnis eceran yang pesat ini tidak lepas dari faktor meningkatnya jumlah penduduk Indonesia dan juga meningkatkan jumlah pendapatan perkapita penduduk Indonesia yang menyebabkan taraf hidup masyarakat Indonesia semakin meningkat. Hal ini membawa dampak kepada pola perilaku belanja seseorang, dimana semakin meningkatnya taraf hidup seseorang maka tuntutan akan tempat berbelanja yang nyaman dan dapat menyediakan segala kebutuhan konsumen dalam satu lokasi semakin dibutuhkan.
Perkembangan yang terus menerus berlangsung dalam perdagangan eceran ini menunjukkan bahwa perdagangan eceran bersifat dinamis. Hal ini terjadi tidak lain karena perdagangan eceran ingin selalu berusaha memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (perdagangannya). Bentuk usaha eceran yang mengalami perkembangan cukup pesat adalah : supermarket (pasar swalayan).
Dewasa ini perkembangan pasar swalayan di tanah air, tampak cukup pesat. Hampir di setiap ibukota propinsi dan kota-kota besar lainnya bermunculan pasar swalayan dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang semakin lengkap. Pasar swalayan sebagai ujung tombak pemasaran akan terus bertambah, dan yang sudah ada terus dikembangkan hingga menjadi superstore yaitu pasar swalayan yang menyediakan kebutuhan masyarakat yang selengkap-lengkapnya.
Namun disadari usaha pasar swalayan tak ubahnya seperti usaha-usaha lainnya yang didalam usahanya meningkatkan penjualan juga diliputi oleh persaingan. Dalam situasi persaingan setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh suatu pasar swalayan dengan maksud untuk menandingi atau mengambil kesempatan yang ada. Timbulnya keadaan seperti itu menandakan bahwa manajer atau pengusaha semakin menyadari pentingnya mempertahankan dan memperluas pasar untuk kesinambungannya. Pada dasarnya keberhasilan usaha dibidang retail ini berada pada pengadaan barang, baik secara kuantitas maupun kualitas, serta harga yang rendah guna meningkatkan jumlah kunjungan.
Untuk menghadapi persaingan ini dan agar tetap ramai dikunjungi konsumen, maka supermarket harus melakukan berbagai jenis upaya dalam kegiatan pemasarannya agar menarik dan sesuai di mata konsumen. Oleh karena itu, pihak swalayan harus tanggap terhadap atribut-atribut apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu swalayan, karena pada saat ini konsumen sudah semakin kritis terhadap kemampuan suatu swalayan dalam menarik pembelinya untuk berbelanja di suatu swalayan.