SKRIPSI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR PENJAS DI SMP

Sunday, January 24, 2016
(0021-PENDOLRA) SKRIPSI KOMPETENSI GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR PENJAS DI SMP


BAB II 
PENGOLAHAN DATA

2.1. Deskripsi Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil dari penyebaran angket tentang Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Bengkalis, berdasarkan data yang terkumpul akan diperoleh gambaran tentang, perencanaan, pelaksanaan, Evaluasi, program perbaikan dan pengayaan yang dilkakukan guru penjas . mengevaluasi hasil belajar siswa
Sebelum penyebaran angket ke sekolah-sekolah, penulis melakukan perkenalan dengan kepala sekolah maupun guru penjas. Setelah melakukan perkenalan dengan kepala sekolah dan guru penjas yang ada SMP Negeri Se Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Bengkalis angket langsung diantar keguru
yang bersangkutan sambil menjelaskan tentang tata cara pengisian angket sekaligus
bersilaturahmi.
2.1.1. Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMP
Negeri Se Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Bengkalis Tahun 2009/2010
Untuk dapat mengevaluasi hasil belajar siswa dengan baik seorang gum dituntut untuk terlebih dahulu memiliki perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, melakukan evaluasi dan melakukan program perbaikan dan pengayaan dengan baik.
Untuk mengetahui sejauhmana Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri Se Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Bengkalis penulis membuat sejumlah pertanyaan dalam bentuk angket, angket yang berisi 30 pertanyaan yang masing-masing pertanyaan 4 opsi jawaban, yang masing-masing opsi mempunyai nilai berbeda, Aspek perencanaan terdiri dari 10 pertanyaan . responden yang membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan KTSP dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) dan sering (SR) tidak ada dan yang menjawab jarang (JR) 4 responden (16%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada. Responden yang membuat program tahunan dan semester dengan berpedoman pada KTSP dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada dan sering (SR) 2 responden (8%).jarang (JR) 2 responden (8%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada. Responden yang membuat program tahunan dan semester berdasarkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 2 responden (8%) , sering (SR) 2 responden (8%) , jarang (JR)dan yang menjwab jarang sekali (JS) tidak ada
Responden yang membuat silabus dengan mengacu pada program tahunan dan semester yang sudah dibuat, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%) sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada.
Responden yang merumuskan kompetensi dasar sesuai dengan kemampuan siswa, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%), sering (SR) tidak ada, jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada
Responden yang membuat rencana pembelajaran sebelum berdiri didepan kelas/lapangan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 1 responden (4%), sering (SR) 2 responden (8%), jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada .
Responden yang membuat rencana pembelajaran dengan mengacu pada silabus yang sudah dibuat, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR), dan yang menjawab jarang sekali (JS) tiak ada
Responden yang merancang kegiatan belajar mengajar dalam rencana pembelajatran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering
 (SR) 2 responden (8%), jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) 1 responden (4%).
Responden yang mempersiapkan beberapa metoda dan strategi pembelajaran dalam rencana pembelajaran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering (SR) 1 responden (4%), dan yang menjawab jarang (JR) 3 responden (12%) dan jarang sekali (JS) tidak ada (0%).
Responden yang membuat rencana pembelajaran dengan berpedoman pada sumber buku pegangan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 resonden (12%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada (0%). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini .Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini : Tabel 3 Jawaban Responden Pada Aspek Perencanaan

No Aspek Perencanaan SS(%) SR(%) JR(%) JS(%) Jumlah
1 Perencanaan pembelajaran sayabuat berdasarkan KTSP   4 (8)  4/8
2 Saya membuat prota/prosem berpedoman pada KTSP  2 (6) 2 (4  4/10
3 Saya membuat prora/prosem berdasarkan sarana dan prasarana yang ada disekolah 2 (8 2 (6   4/14
4 Saya membuat silabus mengacu pada prota/prosem yang sudah dibuat 3 (12) 1 (3   4/15
5 Saya merumuskan kompetensi dasar sesuai dengan tingkat kemampuan siswa 3 (12)  1 (2)  4/14
6 Rencana pembelajaran saya buat sebelum 1 (4) 2 (6) 1 (2) - 4/12 mengajar didepan kelas/lapangan  
7 Rencana pembelajaran saya buat mengacu pada silabus 3 (12) 1 (3)   4/15
8 Dalam rencana pembelajaran saya merancang kegiatan belajar mengajar  2 (6) 1 (2) 1 (1) 4/9
9 Dalam menyususn rencana pembelajaran saya mempersiapkan beberapa metoda dan strategi pembelajaran  1 (3) 3 (6)  4/9
10 Saya membuat rencana pembelajaran berpedoman kepada sumber buku / buku pegangan 3 (12) 1 (3)   4/15
Jumlah 15/60 12/36 12/24 1/1 40/121 Persentase 37,50% 22,50% 15% 0,62% 75,62%
Selanjutnya Aspek pelaksanaan terdiri dari 11 pertanyaan, responden yang melaksanakan KTSP dalam proses belajar mengajar di sekolah, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 4 responden (16%), sering (SR), jarang (JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada.
Responden yang merancang materi yang akan di sampaikan sebelum berdiri didepan kelas /lapangan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada , sering (SR) 3 responden (12%), dan yang menjawab jarang (JR) tidak ada dan jarang sekali (JS) 1 responden (4%).
Responden yang mempersiapkan media sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar, dari 4 rsponden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering (SR) 4 responden (16%) jarang ( JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada
Responden yang memberikan latihan pemanasan diawal mata pelajaran praktek, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) sering (SR) tidak ada dan yang menjawab jarang (JR) 4 responden (16%) dan jarang sekali (JS) .tidak ada
Responden yang menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan silabus dan rencana pembelajaran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 1 responden (4%) dan yang menjawab sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) 1 responden (4%).
Responden yang memberikan pemanasan sebelum memberikan pelajaran inti, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada (SR) 3 responden (12%) dan yang menjawab jarang (JR) 1 responden (32%) dan jarang sekali (JS) tidak ada (0%).
Responden yang memberikan contoh/demontrasi materi kepada siswa, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada sering (SR) 1 responden (4%), dan yang menjawab jarang (JR) 2 responden (8%)dan jarang sekali (JS) 1 responden (4%).
Responden yang memberikan bimbingan kepada siswa yang belum menguasai materi pelajaran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada sering (SR) 4 responden (16%) dan yang menjawab jarang (JR) dan jarang sekali (JS) tidak ada ()%).
Responden yang memotifasi siswa dalam proses belajar mengajar, dari 4 responden yamg menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) 3 responden (23%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) 0 responden (0%).
Ressponden yang memberikan materi pelajaran dengan menggunakan lebih dari satu metoda pelajaran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 2 responden (8%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR)1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada
Responden yang memberikan pendinginan kepada siswa diakhir pelajaran , dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada , sering (SR) 1 responden (4%), dan yang menjawab jarang (JR) 3 responden (12%)dan jarang sekali (JS) tidak ada (0%). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini
Tabel 4 Jawaban Responden Pada Aspek Pelaksanaan No Aspek pelaksanaan SS(%) SR(%) JR(%) JS(%) Jumlah
11 Saya sudah melaksanakan KTSP dalam proses belajar mengajar di sekolah 4 (16)    4/16
12 Sebelum berdiri didepan kelas /lapangan terlebih dahulu saya sudah merancang materi apa yang akan saya berikan kepada siswa  3 (9)  1 (1) 4/10
13 Saya mempersiapkan media sebelummelakukan kegiatan belajar mengajar  4 (12)  - 4/12
14 Bila praktek dilapangan saya memberikan latihan - - 4 - 4/8 pemanasan diawal pelajaran   (8)
15 Saya menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan silabus dan rencana pembelajaran yang sudah saya buat 1 (4) 1 (3) 1 (2) 1 (1) 4/16
16 Kegiatan inti saya berikan setelah siswa melakkan pemanasan  3 (9) 1 (2)  4/11
17 Saya memberikan contoh mendemontrasikan materi pelajaran kepada siswa  1 (3) 2 (4) 1 (1) 4/8
18 Saya membimbing siswa yang belummampu menguasai materi ajar  4 (12)   4/12
19 Saya memotifasi siswa - 1 3 - 4/9  (3) (6)
20 Saya memakai lebih dari satu metoda pembelajaram 2 (8) 1 (3) 1 (2)  4/11
21 memberikan pendinginan kepada siswa diakhir pelajaran 1 (4)  3 (6)  4/10  Jumlah 8/32 18/54 15/30 3/3 44/119 Persentase 18,18% 30,68% 17,045% 1,70% 67,61%
Selanjutnya Aspek evaluasi terdiri dari 5 pertanyaan. Responden yang mengadakan penilaian pada saat proses belajar mengajar berlangsung, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada (0%).
Responden yang mengadakan evaluasi setelah selesai satu standar kompetensi, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%), sering (SR) tidak ada, jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada.
Responden yang mengevaluasi dan mengoreksi kegiatan belajar mengajar yang sudah dilaksanakan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering (SR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang (JR) 3 responden (12%) dan jarang sekali (JS) tidak ada (0%).
Responden yang mengambil nilai performans siswa, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 2 respoden (8%), sering (SR) 2 responden (8%) dan yang menjawab jarang (JR) dan jarang sekali (JS) tidak ada (0%).
Responden yang mengambil nilai pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 1 responden (4%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) 2 responden (8%)dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada (0%). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut ini
Tabel 4 Jawaban Responden Pada Aspek Evaluasi
No Aspek Evaluasi SS(%) SR(%) JR(%) JS(%) jumlah 22 Saya mengadakan penilaian pada saat proses belajar mengajar 3 (12) 1 (3)   4/15 23 Saya mengadakan evaluasi setelah selesai satu standar kompetensi 3 (12)  1
(2)  4/14 24 Saya mengevaluasi dan mengoreksi kegiatan b el ajar mengajaryang sudah dilaksanakan  1 (3) 3 (6)  4/9 25 Saya mengambil nilai performans 2 (8) 2 (6) - - 4/14 26 Penilaian yang saya ambil mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor 1 (4) 1 (3) 2 (4) - 4/1 Jumlah 9/36 5/15 6/12  20/54 Persentase 45% 18,75% 15%  67,5%
Pada Aspek perbaikan dan pengayaan terdiri dari 4 pertanyaan. Responden yang memberikan perbaikan kepada siswa yang belum menguasai materi pelajaran yang sudah diajarkan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 1 responden (4%), sering (SR) 3 responden (12%) dan yang menjawab jarang (JR) dan jarang sekali (JS) tidak ada .
Responden yang memberikan pengayaan kepada siswa yang sudah mampu menguasai materi pelajaran yang sudah diajarkan, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12,0%), sering (SR) 1 responden (4%), jarang (JR) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada
Responden yang memberikan perbaikan dan pengayaaan pada setiap selesai satu standar kompetensi, dari 4 respnden yang menjawab sering sekali (SS) 3 responden (12%), sering (SR) tidak ada, jarang (JR) 1 responden (4%) dan yang menjawab jarang sekali (JS) tidak ada.
Responden yang memberikan program perbaikan dan pengayaan jam pelajaran, dari 4 responden yang menjawab sering sekali (SS) tidak ada, sering

Artikel Terkait

Previous
Next Post »