PTK- UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET

Tuesday, February 23, 2016
PTK-(0013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BERBANTUAN FILM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SIKAP PANTANG MENYERAH DAN ULET

BAB II 
TINJAUAN PUSTAKA


2.1 Konsep Dasar Kemampuan Berpikir Kritis
Setiap manusia telah dikaruniai potensi untuk berpikir. Melalui pembinaan yang tepat, pendidikan, pembelajaran, dan pengamatan yang baik, kemampuan berpikir manusia juga akan dapat berkembang dengan baik.
Salah satu berpikir yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir kritis, karena dalam berpikir kritis siswa dituntut untuk berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menggunakan penalarannya serta membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukannya. Sehingga berpikir kritis itu berbeda dengan berpikir biasa. Berpikir kritis menurut Edgen dan Kauchak, (2012:120) "Berpikir kritis adalah kemampuan dan kecenderungan untuk membuat dan melakukan asesmen terhadap kesimpulan yang didasarkan pada bukti." Sedangkan menurut Fisher, (1997:10) definisi dari berpikir kritis adalah "Interpretasi dan evaluasi yang terampil dan aktif terhadap observasi dan komunikasi, informasi dan argumentasi". Ia mendefinisikan berpikir kritis sebagai proses aktif, karena ia melibatkan tanya jawab dan berpikir tentang pemikiran diri sendiri.
Hampir setiap siswa memiliki kemampuan atau ketrampilan berpikir. Kemampuan berpikir akan mengarahkan pada pola bertindak setiap individunya dalam praktek di lingkungan masyarakat kelak. Kemampuan seseorang untuk berhasil dalam hidupnya ditentukan oleh kemampuan berpikirnya. Ada banyak jenis kemampuan berpikir, salah satu diantaranya yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan ketrampilan seseorang dalam menggunakan proses berpikirnya untuk menganalisis argumen dan memberikan interpretasi berdasarkan persepsi melalui logical reasoning, analisis asumsi dan interpretasi logis (Hamzah, 2008:134). Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa seorang pemikir kritis akan menggunakan akal pikirannya untuk menelaah sesuatu dengan hati-hati.
Seorang pemikir kritis juga mempunyai kecenderungan batin untuk: (1) Mencari kejelasan masalah; (2) Mencari alasan; (3) Berusaha mendapatkan informasi sebanyak mungkin; (4) Menggunakan dan menyebutkan sumber yang handal; (5) Memperhatikan situasi keseluruhan; (6) Berusaha konsisten dengan pokok permasalahan; (7) Berperan teguh akan dasar permasalahan; (8) Mencari alternatif; (9) Berpikiran terbuka; (10) Mengambil atau berganti posisi karena bukti dan alasan yang cukup; (11) Mencari ketepatan secermat mungkin (12) Memecahkan persoalan secara teratur pada bagian-bagian keseluruhan; (13) Menggunakan ketrampilan berpikir kritis; dan (14) Sensitif terhadap perasaan, tahap pengetahuan dan derajat kecanggihan pihak lain (Marzano, et al, 1988).
Karakteristik kemampuan berpikir kritis menurut Carin dan Sound dibagi menjadi beberapa kategori diantaranya yaitu mengklasifikasi, mengasumsi, berhipotesis, membuat kesimpulan, mengukur, merancang sebuah penyelidikan, mengamati, membuat grafik, meminimalkan kesalahan percobaan, mensintesis, mengevaluasi, dan menganalisis (Carin dan Sound, 1989:160).
Dengan kemampuan berpikir kritis, siswa akan dapat menganalisis ide atau gagasan ke arah yang lebih spesifik, mengklasifikasi dan membedakan secara tajam, memilih, mengidentifikasi, mengkaji serta mengembangkannya ke arah yang lebih sempurna. Selain itu, siswa juga mampu mengembangkan diri dalam membuat keputusan serta menyelesaikan masalah. Seseorang yang mampu berpikir kritis akan dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara tepat, mengumpulkan berbagai informasi yang dibutuhkan, mampu secara kreatif dan efisien memilah-milah informasi sehingga sampai pada kesimpulan dan keputusan yang dapat dipercaya serta dapat dipertanggungjawabkan.
Pengembangan dari kemampuan berpikir kristis yang berkaitan dengan kehidupan siswa itu sangat penting. Hal tersebut dapat dilatih dengan mengasah pemahaman pikiran dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, yang dapat menuntun siswa untuk berpikir logis dan rasional.
Kemampuan dalam berpikir kritis memberikan arahan yang tepat dalam berpikir dan bekerja, dan membantu dalam menentukan keterkaitan sesuatu dengan yang lainnya dengan lebih akurat. Oleh sebab itu kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan dalam pemecahan masalah/pencarian solusi. Pengembangan kemampuan berpikir kritis merupakan integrasi beberapa bagian pengembangan kemampuan, seperti pengamatan (observasi), analisis, penalaran, penilaian, pengambilan keputusan, dan persuasi. Semakin baik pengembangan kemampuan -kemampuan ini, maka kita akan semakin dapat mengatasi masalah-masalah/proyek komplek dan dengan hasil yang memuaskan. (Dikutip dari
http://ediconnect.blogspot.com/2012/03/teori-belajar-berpikir-kritis.html)
2.1.1 Posisi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Proses Pembelajaran Siswa
Proses pembelajaran sangat berkaitan erat dengan pembentukan dan penggunaan kemampuan berpikir. Siswa akan lebih mudah mencerna konsep dan ilmu pengetahuan apabila di dalam dirinya sudah ada struktur dan strata intelektual sehingga ketika ia berhadapan dengan bahan atau materi pembelajaran, ia mudah menempatkan, merangkai dan menyusun alur logis, menguraikan dan mengobjeksinya (Muslich, 2009:216).
Ciri-ciri dari proses pembelajaran yang baik menurut Sugandi, (2000:25) antara lain: (1) Pembelajaran dilakukan secara sadar dan direncanakan secara sistematis; (2) Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar; (3) Pembelajaran dapat menyediakan bahan belajar yang menarik dan menantang bagi siswa; (3) Pembelajaran dapat menggunakan alat bantu belajar yang tepat dan menarik; (4) Pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang aman dan menyenangkan bagi siswa; (5) Pembelajaran dapat membuat siswa siap menerima pelajaran baik secara fisik maupun psikologis.
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan sengaja. Tujuan pembelajaran menurut Sugandi, dkk (2000:25) adalah membantu siswa agar memperoleh berbagai pengalaman, dan dengan pengalaman itulah tingkah laku yang dimaksud meliputi pengetahuan, ketrampilan, dan nilai atau norma berfungsi sebagai pengendali sikap dan prilaku siswa. Tujuan pembelajaran menggambarkan kemampuan atau tingkat penguasaan yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah mereka mengikuti suatu proses pembelajaran.
Hal ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran adalah suatu proses yang melibatkan guru dengan semua komponen tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian. Jadi proses pembelajaran merupakan suatu sistem yang saling terkait antar komponennya di dalam mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.
Dari beberapa uraian tentang proses pembelajaran di atas, menunjukkan bahwa adanya suatu keterkaitan satu sama lain. Sebagai seorang calon guru, kita harus paham secara mendalam mengenai arti belajar dan pembelajaran secara luas. Dalam suatu proses pembelajaran, aspek berpikir itu merupakan aspek yang sangat penting bagi siswa. Dari hal-hal yang kecil saja, sebagai makhluk rasional, manusia tentu selalu terdorong untuk memikirkan hal-hal yang ada di sekelilingnya. Kemudian dalam suatu permasalahan juga pasti dibutuhkan pemikiran-pemikiran cerdas yang berguna untuk memecahkan permasalahan tersebut. Ide dari pemikiran-pemikiran inilah yang bisa disebut dengan hasil dari berpikir secara kritis.
Oleh karena itu, tidak heran jika akhir-akhir ini di dalam suatu proses pembelajaran mulai ditanamkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Disamping karena kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi pola pikir siswa, berpikir kritis sekarang juga dipandang luas sebagai suatu kompetensi dasar, seperti membaca dan menulis yang perlu dikuasai (Fisher, 2009). Sehingga tidak heran jika berpikir kritis dianggap perlu untuk dimasukkan ke dalam proses pembelajaran siswa baik di dalam maupun di luar kelas.
Untuk mengasah kemampuan berpikir kritis pada diri siswa, guru tidak mengajarkan secara khusus dalam suatu mata pelajaran. Akan tetapi, dalam setiap mata pelajaran terutama Kewirausahaan aspek berpikir kritis sebaiknya mendapatkan tempat yang utama. Maksudnya adalah dalam setiap proses pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas, harus mampu menumbuhkan dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta ketrampilan dari para siswa untuk bisa memecahkan suatu permasalahan dalam kehidupan nyata.
Kemampuan berpikir kritis yang baik, dapat membentuk sikap-perilaku yang rasional. Jadi, meningkatkan kemampuan berpikir kritis sangat perlu dan penting untuk dikembangkan terlebih pada masa sekarang yang penuh dengan permasalahan-permasalahan atau tantangan-tantangan hidup. Dengan demikian tidak berlebihan apabila dalam proses pembelajaran guru seringkali mengharuskan para siswa untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis, agar para siswa juga mampu menghadapi berbagai permasalahan atau tantangan hidup.
Tujuan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis menurut Zaini, dkk diantaranya: (1) mengembangkan kecakapan menganalisis; (2) mengembangkan kemampuan mengambil kesimpulan yang masuk akal dari pengamatan; (3) memperbaiki kecakapan menghafal; (4) mengembangkan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »