PTK-PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL

Tuesday, February 23, 2016
PTK-(0015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH PUISI MENGGUNAKAN MODEL DRALADATER BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL

BAB II 
KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORETIS

2.1 Kajian Pustaka
Penelitian pada pembelajaran sastra khususnya membaca puisi telah banyak dilakukan. Penelitian-penelitian tersebut dilakukan secara terstruktur dan sudah cukup mencapai keberhasilan. Peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran membaca puisi bertujuan untuk melengkapi penelitian yang telah dilakukan sebelumnya sekaligus menyempurnakannya.
Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli berkenaan dengan topik keterampilan membaca puisi yang dapat dijadikan bahan kajian dalam penelitian ini antara lain, Marta (2005), Putera (2006), Ariwibowo (2008), Aminanto (2008), Naryati (2008), dan Ratna (2009).
Penelitian yang berjudul Peningkatan Kemampuan Membacakan Puisi dengan Latihan Terbimbing Siswa Kelas VIII SMP 13 Semarang oleh Nia Ulfah Marta (2005), menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran membaca puisi denga latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi karya sendiri. Hal itu berdasarkan penialaian penguasaan penghayatan, teknik vokal, dan penampilan. Pada pembelajaran siklus I, kelas VII F SMP 13 Semarang mencapai rata-rata nilai 52,60, kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat sebanyak 20,16 menjadi 72,76. Perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat pada siklus I yang masih cenderung bosan dan malas selama mengikuti pembelajaran, sedangkan pada siklus II kecenderungan itu berubah menjadi antusias mengajukan pertanyaan. Meningkatnya nilai rata-rata dan perubahan perilaku tersebut menunjukkan bahwa penelitian tersebut berhasil.
Persamaan penelitian yang telah dilakukan oleh Nia Ulfa dengan penelitian yang peneliti lakukan terletak pada variabel bebasnya sedangkan perbedaannya terletak pada penggunaan media dan model. Nia Ulfa menggunakan teknik latiahan terbimbing sedangkan peneliti menggunakan model Draladater dengan media audiovisual.
Guru sebagai Model Pembelajaran, merupakan judul makalah yang disusun oleh Zulfaisal Putera (2006). Makalah ini menjelaskan tentang bagaimana strategi guru dalam membelajarkan sastra. Selama ini guru selalu merasa kesulitan dalam membelajarkan siswa. Faktor-faktor penyebabnya antara lain : (1) kurang buku penunjang pembelajaran sastra, seperti hukum pegangan guru dan siswa serta kurangnya buku karya sastra sebagai bacaan siswa; (2) kurangnya pengetahuan guru terhadap materi pembelajaran sastra itu sendiri dibanding materi kebahasaan; (3) rendahnya minat siswa dalam pembelajaran sastra di kelas. Simpulan dari makalah ini dalah tidak ada yang susah dari pembeljaran sastra di sekolah. Yang susah adalah kalau kita tidak bersedia belajar dengan teman-teman bahasa khususnya sastra di sekolah maupun di tempat lain.
Persamaan penelitian yang dilakukan oleh Zulfaisal dengan penelitian yang peneliti lakukan terletak pada jenis bidang penelitiannya, yaitu pembelajaran sastra sedangkan perbedaanya terletak pada jenis penelitiannya. Zulfaisal menggunakan jenis penelitian pengembangan sedangkan peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Danang Wahyu Aribowo (2008) dalam penelitiannya yang berjudul Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Teknik Pemodelan Melalui VCD Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas VII G SMP N 40 Semarang menunjukkan bahwa pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VII G SMP N 40 Semarang meningkat setelah mengikuti pembelajaran puisi dengan teknik pemodelan melalui VCD pembacaan puisi. Peningkatan diketahui dari peruabahan hasil prasiklus, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 4,56 atau sebesar 7,39% dari 62,87 menjadi 67,52. Nilai rata-rata membaca puisi setelah dilakukan tindakan siklus I adalah 67,52 dengan kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 7,93 atau 11,74% menjadi 75,45 dengan kategori baik. Peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan keberhasilan penelitian tersebut.
Persamaan penelitian yang dilakukan oleh Danang Wahyu dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terletak pada jenis penelitian, media dan variabel bebasnya. Perbedaanyan terletak pada penggunaan model pembelajaran. Danang Wahyu hanya menggunakan teknik pemodelan sedangkan peneliti menggunakan model Draladater.
Kemudian Penelitian tindakan kelas tentang keterampilan membaca puisi kembali dilakukan oleh Juhan Apri (2008) dengan judul Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Puisi dengan Teknik Latihan Terbimbing dengan Media Reading Box Pada Siswa Kelas VIII SMP 39 Semarang menyimpulkan bahwa pembelajaran membaca puisi dengan teknik latihan terbimbing dan media reading box dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membacakan puisi.
Persamaan penelitian yang dilakukan oleh Juhan Apri dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti terletak pada variabel bebasnya sedangkan perbedaannya terletak pada penggunaan media dan model pembelajaran. Juhan Apri menggunakan teknik latihan terbimbing dan media reading box sedangkan peneliti menggunakan model Draladater dan media audiovisual.
Naryati (2008) juga melakukan penelitian tentang membaca pusi yang berjudul Peningakatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Permaianan Bingo dengan Teknik Latihan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII A Mts. Al-Asror Gunung Pati menghasilkan simpulan bahwa pembelajaran membaca puisi di sekolah tersebut mengalami peningkatan baik dari segi nilai maupun perubahan perilaku.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bermaksud untuk melengkapi penelitian-penelitian sebelumnya tentang keterampilan membaca puisi. Peneliti menerapkan model Draladater berbantuan media audiovisual belum pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya. Pada penelitian Peningkatan Keterampilan Membaca Indah Puisi Menggunakan Model Draladater Berbantuan Media Audiovisual diharapkan mampu meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas XB SMA 2 Rembang dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini termasuk pembelajaran yang menarik dan siswa akan lebih mudah dalam memahami, memaknai puisi.
Nilun Acik Onkas 2010 dalam jurnal Procedia Social Behavioral Sciences dengan judul World Conference on Education Sciences 2009, Poetry Teaching in Laboratory Setting menyebutkan bahwa pembelajaran membaca puisi yang paling efektif dilakukan di laboratoriun. Siswa melihat pemodelan membaca puisi melalui layar komputer.
Dalam jurnal Oxford Journals Humanities Music and Letter yang berjudul Meaning in Poetry and Music (2011),Wilson menyebutkan bahwa puisi merupakan salah satu cabang dari musik. Perbedaannya, puisi menggunakan referensi dalam kamus sehingga terdapat makna yang pasti, sedangkan musik tidak memiliki kata-kata yang dapat didefinisikan sehingga tidak memberikan makna yang pasti. Persamaan penelitian Wilson (2011) dengan peneliti yaitu sama-sama mengkaji tentang puisi.
Jennife Hennessy, Carmel Hinchion, dan Patricia Mannix McNamara (2010) dalam jurnal Literacy information and Computer Education Journal (LICEJ) dengan judul Poetry and Pedagogy: Ekploring the Opportunity for Epistimological and Affektive Development within the Clasrom menghasilkan simpulan bahwa puisi memberikan kontribusi positif terhadap sikap, kepribadian dan pola pikir.
Dalam English Journal yang berjudul Backing into Ekphrasis: Reading and Writing Poetry about Visual Art, Honor Noorman (2006) menjelaskan bahwa lukisan efektif menjadi media membaca dan menulis puisi.David Hanaur (1998) dalam jurnal School of Education, Tel-Aviv University dalam judul The Genre-Specific Hypothesis of Reading: Reading Poetry and Encyclopedic Items menjelaskan temuannya bahwa membaca puisi merupakan jenis membaca khusus dengan tingkat pemahaman yang lebih tinggi tidak sekadar mengingat informasi isi teks.
Selain itu, jurnal yang berjudul "Plain sense " and "poetic significance " Tenth-grade readers reading two poems yang termuat dalam jurnal Departement of Communication and Social Foundations, University of Victoria (1994), Harker menjelaskan adanya signifikasi memahami puisi. Untuk memahami puisi, siswa perlu membekali diri dengan pengetahuan sehingga bisa memahami puisi.
2.2 Landasan Teori
Teori dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai landasan yang digunakan peneliti dalam menjawab permasalahan penelitian. Teori-teori tersebut dijadikan sebagai landasan ketika menganalisis data dan membahas permasalahan yang diteliti sehingga keberadaannya dapat memberikan informasi yang jelas. Hal ini sebagaimana dikemukakan Mc. Lauglin (dalam Hadley 1993:43) bahwa fungsi teori adalah untuk membantu kita mengerti dan mengorganisasi data tentang pengalaman.
2.2.1 Hakikat Puisi
Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang lebih mementingkan intensitas dan konsentrasi. Intensitas dan konsentrasi artinya hanya dengan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »